Fungsi Menu-Menu Microsoft Word
Fungsi Menu-Menu Microsoft Word - Microsoft word merupakan salah satu program komputer yang sangat dibutuhkan dimana-mana, dunia perkantoran seperti dalam pembuatan surat menyurat, dunia pekuliayah, untuk pembuatan tugas-tugas, pokoknya yang berupa data-data dech. jadi, apabila ingin melamar pekerjaan di sebuah perkantoran minimal yang harus dan wajib anda ketahui adalah memahami aplikasi yang satu ini walaupun tidak seratus persen.
Fungsi Menu-Menu Microsoft Word
Melihat sangat dibutuhkannya program aplikasi microsoft word ini,sedikit banyak saya akan membahas fungsi menu-menu yang ada di Ms Word. berikut di bawah ini:
OfficeButton (Windows 7)
- Untuk membuat lembar kerja baru
- Untuk membuka lembar kerja baru
- Untuk menyimpan documen yang sedang di buka
- Untuk meyimpan documen yang sedang di buka dengan nama lain
- Perintah Untuk mencetak
- Perintah untuk menyiapkan file agar siap di distribusikan
- Mengirim file pada email
- Mendistribusikan file word ke media blog
- Menutup program yang sedang dibuka
1. MENU HOME :
A. CLIP BOARP
- CUT : perintah untuk memotong atau memindahkan objek
- COPY :perintah untuk mencetak atau mengcopy objek
- PASTE :perintah untuk memunculkan objek
- FORMAT PAINTER :perintah untuk memformat naskah dengan fasilitas painter
B. FONT
- FONT (CTRL+SHIFT+H) :untuk menentukan pemilihan jenis, ukuran, style, warna dan efek warna.
- FONT SIZE (CTRL+SHIFT+P) :perintah untuk menentukan ukuran huruf
- BOLD (CTRL+B):perintah untuk menebalkan huruf
- ITALIC (CTRL+I): perintah untuk memiringkan huruf
- UNDERLINE (CTRL+U) : perintah untuk garis bawah
- STRIKETHROUGH : penandaan huruf dengan wama
- SUBSSCRIPT(CTRL+=) :menampilkan tulisan dibawah (separu teks)
- SUPERCRIPT (CTRL+SHIFT++) : menampilkan tulisan di atas (separu teks)
- CHANGE CASE:pengaturan komposisi besar / kecil huruf dengn grow font /shrinkfont.
- TEXT HIGHLIHT COLOR :menandai teks dengn warna
- FONT COLOT : mewarnai huruf
- GROW FONT : membesar teks
- SHRINK FONT :memperkecil teks
- CLEAR FORMATTING : mengembalikan pada format dasar(menghapus format yang baru)
C. PARAGRAPH :menentukan identitas spasi,potongan baris, dan halaman
- BULLETS :digunakan untuk pemilihan jenis identitas dengan menggunakan bullet dengan angka
- NUMBERING :untuk memberikannomor / halaman
- MULTILEVEL LIST :Untuk membuat penomoran dengan bentuk bertingkat/level
- DECREASE INDENT:menurunkan tingkat indent paragraph
- INCREASE INDENT :Meningkatkan tingkat indent paragraph
- SORT :mengurutkan data dalam table / pengurutan huruf /angka,
- SHOW/ HIDE :Menunjukkan tanda paragraph dan format symbol lainnya yang tersembunyi
- ALIGH TEXT LEFT (CTRL+L) : teks rata kiri
- CENTER (CTRL+E) : teks rata tengan
- ALIGN TEXT RIGHT (CTRL+R) : teks rata kanan
- JUSTIVY (CTRL+J) :teks rata kanan kiri / penyesuaian teks
- LINE SPADING :mengatur spasi baris
- SHADING : memberikan pewarnaan pada background
- BORDER :pembuatan garis-garis kotak
D. STYLES : Perintah untuk memilih gaya pada paragraph yang dipilih
E. EDITING :
- FIND : mencari data document
- REPLACE : menggantika data pada document dengan data baru
- SELECT :memilih (memblok) isi dari document
2. MENU INSERT
A. PAGE
- COVER PAGE : menyisipkan halaman pertama
- BLANK PAGE : manampilkan lembar kerja baru
- PAGE BREAK : lakukan pengaturan pergantian halaman
B. TABLES :
TABLE : untuk nampilkan / menyispkan tabel
C. ILUSTRATIONS
- PICTURE :untuk menyisipkan gambar dalam document yang sudah tersimpan dalam harddisk/flahdisk
- CLIP ART :Menyisipkan kreasi seni, film, suara atau photo yang telah terformat.
- SHAPES : untuk membuat bentuk-bentuk tertentu tanpa harus memakai aplikasi tambahan
- SMSRTART :untuk menampilkan sebuah visualisasi informasi yang akan ditampilkan dalam bentuk gambar, sehingga mudah dan cepat dalam pembuatannya
- CHART : untuk membuat diagram
D. LINKS
- HYPERLINK :menambahkan sebuah link untuk sebuah halaman web
- BOOKMARK : Digunakan untuk menyisipkan tanda yang dapat dipakai untuk di tuju pada dokumen.
- CROSS-REFERENCE : digunakan untuk menyisipkan foot nate, caption, cross, reference, dan indeks
E. HEADER & FOOTER
- HEADER :untuk membuat teks yang selalu muncul pada bagian atas dari dokumen
- FOOTDER :untuk membuat teks yang selalu muncul pada bagian bawah dari dokumen
- PAGE NUMBER :digunakan untuk mlakukan pengaturan letak-letak nomor halaman
F. TEXT :
- TEXT BOX :menyisipkan kotak teks pada document
- QUICK PARTS : menyisipkan objek-objek yang sering digunakan dengan cepat dan efisien
- WORDART : untuk menyisipkan dekorasi tulisan ke dalam dokumen
- DROP CAP : menambahkan huruf kapital dalam ukuran besar di awal paragraph
- SIGNATURE LINE : menyisipkan garis tanda tangan pemilik dokumen
- DATE & TIME : Digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu yang aktif pada dokumen yang sedang aktif.
- OBJECT :digunakan untuk menyisipkan opjeck dalam document
G. SYMBOLS :
- EQUATIN : untuk membuat format matematika
- SYMBOL : Digunakan untuk penyisipan simbol-simbol khusus.
3. MENU PAGE LAYOUT
A. THEMES : digunakan untuk memberikan bentuk tekstur background
- COLORS :dalam bentuk warna
- FONTS :dalam bentuk tulisan
- EFFECT :Untuk mengatur tema efek terhadap objek shape yang terdapat didalam document
B. PAGE SETUP: untuk pengaturan lembar kerja
- MARGINS : ruang kosong yang ada di sekeliling depi halaman
- ORIENTATION : untuk mengatus posisi kertas
- SIZE :mengatur ukuran kertas
- COLUMNS :membagi kertas kerja menjadi beberapa kolom
- BREAKS :untuk memisahkan antar halaman
- LINE NUMBERS : Untuk pengaturan nomor baris teks dalam halaman
- HYPHENATION : Untuk mengatur memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis
C. PAGE BACKGROUND : untuk mengatur / membuat background pada halaman
- WATERMARK :untuk menyisipkan gambar / teks sebagai background
- PAGE COLOR :untuk memberikan background warna
- PAGE BORDERS : untuk membuat bingkai halaman
D. PARAGRAPH :digunakan untuk melakukan pengaturan paragraf
- INDENT : untuk mengatur identasi pada paragraf
- SPACING : untuk mengatur jarak spasi antar baris
E. ARRANGE : untuk menyunting gambar
- POSITION :digunakan untuk mengatur posisi gambar
- BRING TO FRONT :Untuk membawa objek yang dipilih maju satu tingkat atau kedepan semua objek
- SEND TO BACK :Mengirim objek yang dipilih,dibalik semua objek lainny
- TEXT WRAPPING :Untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya demgan paragraph teks
- ALIGN : digunakan perataan gambar pada lembar kerja
- GROUP : untuk membuat beberapa gambar menjadi satu ikatan / grup
- ROTATE :digunakan untuk memutar gambar
4. MENU REFERENCE
A. TABLE OF CONTENTS :
- TABLE OF CONTENTS :digunakan untuk pengelolaan daftar isi.
- ADD TEXT :ntuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat.
- UPDATE TABLE untuk memperbarui daftar isi.
B. FOOTNOTTES :
- INSERT FOOTNOTE :memampilkan cetakan kaki document
- INSERT END NOTE :digunakan untuk menyisipkan catatan di akhir bab.
- NEXT FOOTNOTE :berfungsi untuk memantau footnote dan endnote.
- SHOW NOTES :untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote
C. CITATIONS & BIBLIOGRPHY : digunakan untuk pengelolaan kutipan dan daftar pustaka.
- INSERT CITATIONC :digunakan untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif.
- MANAGE SOURCES :digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen.
- STYLE : berfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan.
- BIBLIOGRAPHY:digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif.
- CAPTIONS : secara umum digunakan untuk menyisipkan keterangan mengenai gambar atau ilustrasi yang terdapat dalam dokumen.
- INSERT CAPTIONS: digunakan untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan
- INSERT TABEL OF FIGURES : digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen.
- UPDATE TABEL : digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar.
- CROSS-REFERENCE :berfungsi untuk menyisipkan referensi silang. Tak jarang pengulangan istilah di halaman lain juga perlu dijelaskan kembali di catatan kaki.
D. INDEX : secara umum berfungsi untuk pengelolaan daftar kata yang dibahas di buku.
- MARK ENTRY : digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen.
- INSERT INDEX : digunakan untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen.
- UPDATE INDEX : digunakan untuk memperbarui daftar indeks terkini.
E. TABLE OF AUTHORITIES :
- MARK CITATIOSN:Untuk menambahkan teks yang dipilih sebagai kutipan dalam table otoritas
- INSERT TABEL OF AUTHORITIES :Menyisipkan table otoritas kedalam document
- UPDATE TABEL : Memperbaharui table untuk mencakup semua kutipan dalam document
5. MENU MAILINGS
A. CREATE :
- ENVELOPES :Membuat dan mencetak kop surat tunggal. Pada kop dapat dituliskan alamat tujuan
- LABELS :Membuat dan mencetak label tunggal (misalnya untuk menuliskan alamat penyuratan, sebagai sampul file data, sampul CD maupun label lembaran)
B. START MAIL MERGE :
- START MAIL MERGE : Membuat dan mencetak dokumen berbentuk surat proposal {berbentuk e-mail maupun kop surat yang akan dibagikan kepada pelanggan (customer)}
- SELECT RECIPIENTS : Menentukan dokumen yang digunakan, biasanya bersisi data teks dan grafik dari beberapa versi dokumen yang sebelumnya telah di-merge, meliputi nama dan alamat pelanggan.
- EDIT RECIPIENT LIST Mengkoneksikan dokumen ke sumber data, yang berisi daftar nama dan alamat resipien surat proposal. Lalu mengedit daftar informasi customer, dengan menambahkan atau mengurangi daftar nama.
C. WRITE & INSERT FIELDS :
- HIGHLIGHT MERGE FIELDS : Menambahkan placeholders (field mail merge) pada dokumen, yang berisikan informasi data file yaitu menyusun daftar nama dan alamat customer.
- ADDRESS BLOCK :Menyetarakan bentuk penulisan alamat kop surat proposal.
- GREETING LINE :Membuat pembuka surat yang bentuknya sama pada semua surat yang akan ditujukan pada semua customer.
- INSERT MERGE FIELD S : Membuat label surat yang berisikan nama dan alamat customer.
- RULES : Membuat aturan yang mengatur penggabungan surat.
- MATCH FIELDS :Mencocokkan sumber data dengan kop surat proposal yang telah dibuat menyesuaikan area.
- UPDATE LABELS : Memperbaharui label.
D. PREVIEW RESULTS :
- PREVIEW RESULTS : Khusus digunakan untuk menangani kesalahan (error) yang terjadi saat proses penggabungan surat.
- FIND RECPIENS : Menemukan penerima. Menemukan dan menampilkan data yang spesifik dan telah tersimpan di daftar penerima dengan mencari teksnya.
- AUTO CHECK FOR ERRORS : Khusus digunakan untuk menangani kesalahan (error) yang terjadi saat proses penggabungan surat. Anda juga diberi pilihan untuk memperkirakan error yang akan terjadi saat penggabungan.
E. FINISH :
FINISH & MERGE: Akhir dan penggabungan.Menyeles aikan penggabungan surat. Anda bisa membuat dokumen yang lain untuk menyalin surat tersebut, mengirim semuanya secara langsung ke printer, atau mengirim semuanya melalui e-mail (surat elektronik).
6. MENU REVIEW
A. PROOFING :
- SPELLING & GRAMMAR :Mengecek ketepatan ejaan teks
- RESEARCH :Menampilkan kotak dialog kamus/reverensi
- THESAURUS :Menampilkan pilihan teks pada saat ada kata yang terpilih
- TRANSLATE :Menerjemahkan teks
- TRANSLATION SCREENTIP : Untuk mengartikan screentip yang diterjemahkan
- SET LANGUAGE : Mengatur bahasa yang digunakan untuk memeriksa ejaan dan grammar pada teks yang dipilih
- WORD COUNT : Untuk mengetahui jumlah kota dan karakter paragraph dalam document
B. COMMENTS :
- NEW COMMENT :Menambahkan komentar pada cell
- DELETE :Menghapus komentar pada cell
- PREVIOUS :Melihat komentar sebelumnya
- NEXT : Melihat komentar selanjutnya
C. TRACKING:
- TRACK CHANGES : Untuk melacak semua perubahan yang dibuat dalam document
- BALLOONS : Memilih cara untuk menunjukkan revisi document tersebut
- FINAL SHOWING MARKUP : Untuk mengatur tampilan pada document
- SHOW MARKUP : Untuk menunjukkan macam-macam revisi untuk ditampilkan kedocument
- REVEWING PAGE : Untuk menampilkan revisi ditampilan depan document
D. CHANGES :
- ACCEPT : Untuk mnerima prubahan trmaksud mmindahkan perubahan proposal baru
- REJECT : Untuk menolak perubahan trmaksud mmindahkan perubahan proposal baru
- PREVIOUS : Untuk mengarahkan kerevisi sebelumnya didalam document
- NEXT : Untuk mengarahkan kerevisi selanjutnya didalam document
E. COMPARE :
- COMPARE : Membandingkan/menggabungkan beberapa versi document
- SHOW SOURCE DOCUMENTS : Menunjukkan sumber document untuk ditampilkan
F. PROTECT :
PROTECT DOCUMENT: membantu orang bagaimana dapat mengakses dalam sebuah document
7. MENU VIEW
A. DOCUMENT VIEWS :
- PRINT LAYOUT : menampilkan document dalam layout
- FULL SCREEN READING :menampilkan satu document penuh
- WEB LAYOUT : menampilkan document layout web
- OUTLINE : menampilkan struktur document
- DRAFT : memberikan tampilan yang berkelanjutan (menggabungkan seluruh halaman seperti dalam satu gulungan). Tiap halaman dipisahkan oleh garis titik-titik.
B. SHOW / HIDE :
- RULER :Memunculkan mistar dokumen.
- GRIDLINES untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
- MESSAGE BAR : menampilkan olah pesan
- DOCUMENT MAP Memunculkan bagian dari sub bagian dari dokumen pada jendela tersendiri.
- THUMBNAILS : Untuk menampilkan bar THUMBNAILS
C. ZOOM :
- ZOOM : menambah ukuran penampilan document word 100% :Untuk memperbesar document ke 100% dari ukuran normal
- ONE PAG : Untuk menampilkan satu halaman
- TWO PAGES : Untuk menampilkan dua halaman
- PAGE WIDTH :Memperbesar document sehingga lebar yang berasal dari halaman
D. WINDOW:
- NEW WINDOW :menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
- ARRANGE ALL : Mengatur jendela dari dokumen
- SPLIT : Membagi dokumen menjadi beberapa bagian
- VIEW SIDE BY SIDE : Untuk menampilkan dua document dari sisi kesisi sehingga kita dapat membandingkan isi document tersebut
- SYNCHRONOUS SCROLLING : Menjadikan naskah dari 2 document menjadi 1 naskah
- RESET WINDOW POSITION :Mereset posisi jendela dari document dan membandingkan sisi kesisi sehingga kita dapat membagi layar yang sama
- SWITCH WINDOWS :Menglihkan sebuah bermacam termaksud membuka jendela
E. MACROS:
MACROS : Untuk merekam sebuah makro atau menerima pengaturan makro lainnya.
Itulah Fungsi Menu-Menu Microsoft Word. Semoga membantu